Sejarah
Perusahaan
Zalora Indonesia (Zalora.co.id) adalah situs web belanja yang
menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek,
baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun
2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang
terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora
Thailand dan Zalora Filipina.
Memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal, internasional
dan designer, pelanggan kami dapat
berbelanja online dengan pilihan
produk fashion pria dan wanita mulai
dari pakaian, sepatu, aksesoris dan produk fashion
lainnya.
Zalora.co.id merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek
dari Rocket Internet GmBH. Rocket Internet GmBH adalah inkubator startup online
terbesar di dunia, beberapa usaha lainnya yang hadir di Indonesia meliputi
Wimdu, Foodpanda, PricePanda, Lamudi, dan Carmudi. Di Indonesia Zalora berada
di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.
Dengan didukung sumber daya manusia yang berpengalaman dan professional,
perusahaan terus mengembangkan usahanya untuk menjadi perusahaan terdepan dalam
bidangnya. PT Fashion Eservices Indonesia telah mengalami banyak pengalaman
dalam menjalankan bisnis sehingga dapat dipercaya. Namun, perusahaan belum
merasa puas dengan prestasi yang diraihnya itu, masih terus melakukan
perbaikan-perbaikan dan terus mengembangkan usahanya sehingga diharapkan di
masa mendatang permintaan dan jumlah pengerjaan dan proyek-proyek terus
mengalami peningkatan
Visi dan
Misi
1. Visi
Perusahan
Menjadi
Portal Media Diskusi Jual Beli Online
Shop Terbesar dan Terpercaya di Indonesia
2.
Misi Perusahaan
·
Menjadi media perantara perdagangan online yang terbaik di Indonesia
·
Menjadi media dan alternatif sumber
penghasilan
·
Menghadirkan fiture-fiture
yang memuaskan pelanggan
·
Ikut berpartisipasi melahirkan pengusaha online yang tangguh dan berbobot
·
Memasyaratkan dunia online Indonesia
Bidang Usaha Perusahaan
PT Fashion Eservices Indonesia bergerak di
bidang distribusi kebutuhan mode pakaian untuk Pria Wanita dan Anak yang
terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional dengan
pusat media dipusatkan di media online
Zalora.co.id.
Struktur Organisasi dan Sumber Daya Manusia
Sebagai perusahaan yang telah
berpengalaman, saat ini sistem manajemen PT Fashion Eservices Indonesia
(Zalora.co.id) terdiri dari Direktur yang dibantu oleh 3 General Manager (GM)
yaitu GM Marketing, GM Operasi dan GM Administrasi dan Keuangan serta didukung
oleh sejumlah Manajer yang antara lain terdiri dari kepala cabang, manajer
keuangan, manajer pengadaan dan umum.
Di bawah ini adalah
sistem manajemen yang berupa bagan struktur organisasi yang diterapkan pada PT
Fashion Eservices Indonesia.
Gambar : Struktur
Organisasi PT Fashion Eservices Indonesia
Seluruh
tenaga pendukung mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mendukung
seluruh kegiatan perusahaan baik marketing, operasional proyek, administrasi,
pengelolaan komputer, dan lain-lain.
Adapun tata kerja dari
struktur organisasi di atas adalah sebagai berikut:
1. GM Marketing
a.
Bertanggung jawab kepada perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi serta pengembangan bidang pemasaran sesuai dengan sasaran
atau misi perusahaan yang telah ditetapkan.
b.
Bertanggung jawab atas terjaminnya efektivitas
kerjasama tim pemasaran dan unit-unit lainnya (pengembangan produk dan tim
konsultan) yang menjadi turutan agar secara keseluruhan berjalan secara efektif
dan efisien.
c.
Membangun jaringan dengan mitra-mitra terbaik
untuk mendukung dan memperluas penguasaan pasar domestik dengan kompetensi
produk.
d.
Bertanggung jawab atas terreliasasinya rencana
bisnis yang telah disepakati sebagai tahapan terwujudnya visi dan misi
perusahaan.
e.
Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim
antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang terkait
secara optimal.
2. GM Operasi
a.
Bertanggung jawab kepada perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi serta pengembangan bidang operasi agar berjalan secara
optimal.
b.
Bertanggung jawab atas terjaminnya efektivitas
kerjasama tim operasional dan unit-unit lainnya yang menjadi turutan agar
secara keseluruhan berjalan secara efektif dan efisien.
c.
Membangun jaringan dengan mitra-mitra terbaik
untuk mendukung realisasi pengembangan dan penguasaan kompetensi produk serta
mempunyai keunggulan daya saing secara operasional.
d.
Bertanggung jawab atas terreliasasinya Rencana
Bisnis Tahunan dan menyusun Rencana Bisnis Jangka Panjang perusahaan.
e.
Bertanggung jawab terhadap evaluasi kinerja
bisnis dan perencanaan pengembangan
bisnis perusahaan ke depan.
f.
Bertanggung jawab atas terselenggaranya proses
pembentukan unit operasi yang efisien dan efektif dengan mengimplementasikan “Activity-Based Costing”.
g.
Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim
antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang
terkait secara optimal.
3. GM Administrasi dan
Keuangan
a.
Membangun relasi dengan jaringan vendor dalam
dan luar negeri untuk memperoleh kualitas barang dan harga terbaik serta
meningkatkan daya saing perusahaan.
b.
Bertanggung jawab kepada perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi serta pengembangan bidang keuangan, bidang pengembangan
SDM, dan bidang administrasi pada umumnya.
c.
Bertanggung jawab atas terreliasasinya Rencana
Bisnis Tahunan dan menyusun Rencana Bisnis Jangka Panjang perusahaan.
d.
Bertanggung jawab terhadap evaluasi kinerja
bisnis dan perencanaan pengembangan
bisnis perusahaan ke depan.
e.
Bertanggung jawab atas terselenggaranya proses
pembentukan “Company Culture” dan “Company Value” yang sesuai dengan visi dan
misi perusahaan.
f.
Bertanggung jawab atas terreliasasinya rencana
bisnis yang telah disepakati sebagai tahapan terwujudnya visi dan misi
perusahaan.
g.
Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim
antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang
terkait secara optimal.
4. Manager Partnership
dan Keagenan
a.
Bertanggung jawab atas terrealisasinya program
pengembangan partnership dan keagenan
yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menunjang kegiatan marketing dan operasi
serta mendukung
tercapainya
misi perusahaan.
b.
Merencanakan, mengkaji, dan mengembangkan
partnership dengan partner-partner potensial dalam dan luar negeri untuk
membangun kerjasama partnership yang
mampu meningkatkan daya saing perusahaan.
c.
Merencanakan, mengkaji, dan mengembangkan
keagenan atas produk-produk potensial, untuk memperluas layanan dan memperkuat
daya saing perusahaan.
d.
Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan partnership dan keagenan serta evaluasi
atas pelaksanaan program kerjasama yang dibutuhkan oleh perusahaan.
e.
Bertanggung jawab atas terciptanya “Company Value” dalam pelaksanaan
kerjasama partnership dengan semua bisnis partner yang ada.
f.
Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim
antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang
terkait secara optimal.
5. Manager System
Development & Performance
a.
Bertanggung jawab terhadap evaluasi “performance” perusahaan dan memberikan
masukan-masukan yang mendukung tercapainya “Performance
Target” yang dipertanggung jawabkan
oleh perusahaan kepada pemegang saham.
b.
Bertanggung jawab terhadap terrealisasinya
Rencana Bisnis Tahunan dan “Performance
Target” perusahaan.
c.
Bertanggung jawab terhadap sistem komputerisasi
perusahaan semua operasional mulai dari internet
dan homepages perusahaan, sistem
keuangan, dan sistem kinerja (Balanced
Scorecard).
d.
Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem
serta evaluasi atas realisasi rencana bisnis dan memberikan penilaian dan
usulan-usulan.
e.
Bertanggung jawab atas terrealisasinya rencana
bisnis yang telah disepakati sebagai tahapan terwujudnya visi dan misi
perusahaan.
f.
Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim
antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang
terkait secara optimal.
6. Manager Cabang
a.
Bertanggung jawab terhadap terrealisasinya
target penjualan yang sudah ditetapkan dalam Rencana Bisnis Tahunan.
b.
Merencanakan dan mengevaluasi tahapan pemasaran
yang dilakukan oleh tim pusat yang menjadi tanggung jawabnya dan melakukan
pengawasan atas semua kegiatan pemasaran yang direncanakan.
c.
Membuat analisis segmentasi pasar, tingkat
penguasaan pasar, dan strategi pemasaran yang optimal secara berkesinambungan
untuk menjamin pencapaian target penjualan yang ditetapkan.
d.
Bertanggung jawab
terhadap kemampuan perusahaan
dalam
peningkatan
“customer retention” (hubungan baik
dengan konsumen), tingkat kepuasan pelanggan, dan persentase “hit rate”
(tingkat keberhasilan tender) hingga tercapai kinerja pemasaran yang baik dan “cost effective”.
e.
Membangun jaringan pemasaran dengan
kostumer-kostumer terbaik melalui strategi pendalaman penguasaan pasar yang
efektif dan perluasan pasar baru yang dianggap potensial.
f.
Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem
cabang per triwulan.
g.
Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim
yang menjadi tanggung jawabnya dan membuat perencanaan peningkatan kinerja.
Fungsi Sosial
dan Ekonomi Perusahaan
Secara umum kegiatan usaha atau fungsi sosial dan ekonomi
yang ada di PT Fashion Eservices Indonesia terdiri dari 4 kegiatan usaha,
yaitu:
1.
Kegiatan pengadaan produk, yaitu :
a)
Bekerjasama dengan perusahaan produsen di bidang Fashion
b)
Mendatangkan produk Fashion melalui import.
2.
Kegiatan penjualan (pemasaran), dalam hal ini
kegiatan menjual langsung kepada konsumen akhir melalui Zalora.co.id
3.
Kegiatan keuangan, secara umum meliputi kegiatan
yang berhubungan dengan penerimaan kas dan pengeluaran kas perusahaan,
diantaranya :
a)
Kegiatan penerimaan pembayaran via collector
b)
Kegiatan penerimaan pembayaran via transfer bank
c)
Kegiatan penerimaan dan pengeluaran kas
tunai
4.
Kegiatan Akuntansi, secara umumnya meliputi
kegiatan yang bersifat pencatatan, pengelompokan, pengikhtisaran dari hasil
transaksi perusahaan hingga kegiatan pengolahan transaksi hingga menjadi
laporan keuangan .
Sistem
Penjualan Zalora
Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C (Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah
individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda
dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti
pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports,
bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai merek
terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan
oleh Zalora adalah :
1. Menawarkan
sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera
dan Kalimantan dikenakan biaya
pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000. Sedangkan wilayah Indonesia Timur dan
Nusa
Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian di bawah Rp 300.000.
2. Sistem
COD di berbagai kota besar di
Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3. 30
hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
Perusahaan
juga menyediakan layanan Customer Service
untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja
via telepon dengan nomor :
021-29490100 ü Senin s.d Jumat : 09.00 – 21.00 WIB ü Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB
email : help@zalora.co.id
Cara Pembelian di Zalora
1. Masuk
ke http://www.zalora.co.id
2. Pilih
kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang
diinginkan.
3. Pada
halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan
barang ke tas belanja.
4. Jika
Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke
Pembayaran untuk melakukan transaksi.
5. Anda
akan diarahkan ke halaman login/daftar.
Jika Anda sudah memiliki akun di Zalora.co.id, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di
Zalora.co.id, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
6. Di
halaman selanjutnya (setelah login/daftar),
Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
7. Kolom
Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat
tujuan pengiriman pesanan Anda.
8. Kolom
Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
9. Kolom
Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
10.
Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah
dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan
Anda bisa menunggu email notifikasi
dari Zalora.co.id.
Keamanan
Zalora.co.id Kepada Konsumen
Pihak Zalora.co.id memberikan keamanan terhadap proses
pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak
percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak Zalora.co.id memberikan
fasilitas COD (Cash On Delivery)
pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora.co.id menjamin keamanan
dari data yang di input oleh costumer.
Zalora.co.id memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan
disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:
• Membatasi
akses ke dalam informasi pribadi Anda
• Mengurus
dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang
tidak memiliki izin
• Secara
aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya
untuk tujuan catatan retensi
Zalora.co.id menggunakan teknologi 128 - bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses
rincial finansial Anda. 128 - bit SSL
encryption bisa dikira mungkin akan
membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah
standar industri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar