- Adnan Zulfikar
- Aldy Rustam Y
- Mochamad Febri S
- Mohammad Akhirul M
- Nikolaus Yudo P

Zalora adalah toko online wearing dan
kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk
kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, Zalora juga terdapat
di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. Zalora menjual produk fashion dari brand international
dan juga brand lokal di setiap Negara yang beroperasi. Zalora juga beroperasi
di Australia dan New Zealand sebagai The Iconic.
Zalora adalah salah satu investasi
utama Rocket Internet di Singapura. Zalora merupakan anak perusahaan dari situs
belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet.
Pada Awal tahun 2012, Zalora meluncurkan berbagai situs local di seluruh Hong Kong, Indonesia, Malaysia,
Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Di Indonesia Zalora berada
di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia. Zalora
Indonesia didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo.
Pada awal tahun 2013, Zalora memperbesar layanannya di Zalora Malaysia dengan menawarkan layanan pengiriman
ke Brunei. Pada pertengahan tahun 2013, Zalora mendapatkan putaran dana pertama
kali, sebesar US$100 Juta.
Pada akhir tahun 2013, Zalora meluncurkan private label sendiri, Ezra dari Zalora. Hal ini juga mengumumkan bahwa mereka telah sepakat menjadi online distributor tunggal untuk brand fashion River Island yang berbasis di Inggris untuk Asia Tenggara. Zalora juga mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan putaran dana keduanya, total sebesar US$112 Juta. Dana ini dilokasikan untuk mendorong kegiatan Zalora dalam mengembangkan penawaran produk dan basis pesar.
Pada akhir tahun 2013, Zalora meluncurkan private label sendiri, Ezra dari Zalora. Hal ini juga mengumumkan bahwa mereka telah sepakat menjadi online distributor tunggal untuk brand fashion River Island yang berbasis di Inggris untuk Asia Tenggara. Zalora juga mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan putaran dana keduanya, total sebesar US$112 Juta. Dana ini dilokasikan untuk mendorong kegiatan Zalora dalam mengembangkan penawaran produk dan basis pesar.
Ruang
lingkup penjualan Zalora
Zalora
merupakan toko online fashion yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris,
sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Menurut data perusahaan
Zalora, distribusi pelanggan Zalora berdasaran jenis kelamin sebesar 40% untuk
pria dan 60% untuk wanita. Distribusi pelanggan Zalora berdasarkan usia lebih
banyak berusia 25 hingga 34 tahun sebesar 43.25% , dan berusia 18 hingga 24
tahun sebesar 36.02%. Apabila pesanan Zalora berada di usia kurang dari 18
tahun, maka harus melibatkan orang tua atau wali. Pelanggan Zalora berdasarkan
wilayah, untuk luar Jakarta sebanyak 71%, sedangkan didalam Jakarta sebanyak
70%.
Omset
pendapatan Zalora
Perkembangan
internet di negara Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga
internet menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk Indonesia. Di Indonesia,
jumlah perkembangan pengguna internet meningkat signifikan. Data statistik dari
internetworldstats menunjukan adanya lonjakan pengguna internet dari tahun 2000
yang hanya 2.000.000 user menjadi 88.000.000 user pada tahun 2016 dengan
tingkat penetrasi sebesar 34,1% pertahun
Zalora mempunyai pendapatan bersih naik hingga 70 persen
dari tahun 2013. Tercatat pendapatan bersih e-commerce khusus fashion ini pada
tahun 2014 mencapai USD140,4 juta. GMV Zalora juga tumbuh 80 persen. Di 2013
GMV, Zalora hanya mencapai 84 juta euro, 2014 meningkat tajam menjadi 151,6
euro.
Infomasi lain tentang Zalora
Zalora
Indonesia merupakan bagian dari Zalora Group, yang didirikan pada akhir tahun
2011 oleh Catherine Sutjahyo dan Hadi Wenas. Pada tahun 2012 situs web
www.zalora.co.id telah resmi diluncurkan ke publik. Zalora merupakan anak
perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek dari
Rocket Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online yang terunggul
di Asia Pasifik The Iconic yang berada di Australia dan Slandia Baru. Group
Zalora International di Asia terdiri dari Zalora Indonesia, Zalora Singapura,
Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora
Filipina. Di Indonesia, Zalora berada di bawah naungan yang dikelola oleh PT Fashion
Eservices Indonesia, yang beralamat di Menara Bidakara lantai 17, jalan Jendral
Gatot Subroto Kav. 71-73, Menteng Dalam – Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
12870. Zalora Indonesia memiliki visi dan misi, sebagai berikut :
1. Menyediakan fashion
terbaru dan terlengkap.
2. Memuaskan pelanggan
dan mencukupi kebutuhan fashion di seluruh Indonesia.
Zalora
memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal, internasional dan designer.
Kelebihan yang ditawarkan oleh Zalora yaitu dapat menikmati kemudahan 30 hari
gratis pengembalian barang jika barang yang didapatkan tidak sesuai atau cacat,
pengiriman gratis dan pengiriman tercepat selama 1 hingga 3 hari kerja. Zalora
memberikan kemudahan dalam proses pembayaran dengan menggunakan kartu kredit,
transfer antar rekening, dan juga metode pembayaran COD (Cash On Delivery) di
32 kota besar.
Produk
yang ditawarkan oleh Zalora selalu up-to-date sesuai dengan trend fashion
terbaru di kalangan masyarakat, dalam memberikan banyak pilihan untuk
menyempurnakan penampilan konsumen. Pada website Zalora menampilkan berbagai
model sepatu, pakaian, busana muslim, tas, aksesoris, batik dan sport hingga
produk kecantikan. Bagi pria maupun wanita dapat dengan mudah mix and match
untuk menyempurnakan penampilan. Zalora Indonesia memberikan kemudahan kepada
konsumen maupun calon konsumen dengan menu navigasi sederhanan dan struktur
yang mudah.
SUMBER:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar