TEKNOLOGI GAME
Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu
Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan
sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara
umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun bukan benda
yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai
suatu tujuan.
Sedangkan Game adalah permainan yang menggunakan interaksi
antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti
video.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa Teknologi Game berarti proses
baik berupa yang dilakukan sistem atau perangkat keras yang diberlakukan dalam
upaya untuk mendukung kinerja dari game.
SEJARAH & PREKEMBANGAN TEKNOLOGI GAME
· Teknologi Game Generasi Pertama (1952-1975)
Teknologi Game pertama kali diciptakan oleh A.S. Douglas tahun
1952 di Universty of Cambridge yaitu OXO untuk mendemonstrasikan tesisnya
mengenai interaksi antara komputer dan manusia.
Kemudian Douglas berkreasi lagi dengan menciptakan game versi
Tic-Tac-Toe yang diprogram pada komputer EDSAC vaccum-tube yang memiliki layar
CRT (Cathode Ray Tube).
· Teknologi Game Generasi Kedua (1976-1983)
Di Teknologi Game generasi kedua ini biasa disebut sebagai debut
pertama 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video game.
Pada tahun 1976, dunia game dihidupkan kembali oleh Fairchild dengan karyanya
yaitu VES (Video Entertainment System).
Di generasi kedua ini menjadi primadona konsol game yang
diantaranya adalah Fairchild Channel F, Magnavox Odyssey versi 2, Attari 2600,
dan Attari 5200.
· Teknologi Game Generasi Ketiga (1983-1986)
Konsol bernama Famicon/Nintendo Entertainment System (NES) yang
dirilis di akhir tahun 1983 menjadi gebrakan baru yang diciptakan oleh
perusahaan bernama FAMICOM di Jepang.
Konsol yang diciptakan FAMICOM ini merupakan konsol yang pertama
kali menampilkan gambar dan animasi resolusi tinggi.
FAMICOM atau yang lebih dikenal dengan Nintendo ini memiliki
chip pengaman pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan
dirilis harus dengan seizin Nintendo.
Kemudian muncul game legendaris yang sampai saat ini masih
memiliki banyak peminat, yaitu Super Mario.
· Teknologi Game Generasi Keempat (1988-1993)
Teknologi Game generasi empat ini disebut dengan generasi 16 bit
yang membawa perubahan pada gameplay, tata suara, grafik. Pada tahun 1988,
Nintendo mendapatkan sambutan hangat oleh dunia. SEGA yang menyaingi Nintendo,
merilis generasi konsol selanjutnya yaitu Sega Mega Drive.
Hal tersebut membuat persaingan antara SEGA dan Nintendo semakin
ketat. Meskipun konsol dari SEGA ini memiliki gambar yang lebih tajam dan
animasinya lebih halus dibandingkan Nintendo, tetapi tetap saja Nintendo berada
di titik penjualan tertinggi.
Nintendo kembali mengeluarkan konsol generasi baru mereka pada
tahun 1990, yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment System). Meskipun ada
beberapa saingan produsen konsol seperti NEC dan SNK, tetapi kedua konsol
Nintendo tetap menduduki konsol terpopuler.
· Teknologi Game Generasi Kelima (1994-1999)
Pada tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol untuk
menyaingi konsol dari SEGA dan Nintendo. Atari Jaguar menyaingi kecanggihan
SNES dan Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit membuat tertarik pencinta
game. Terlebih lagi pada saat itu Sony mengeluarkan konsol berbasis CD yang
super legendaris.
Di Teknologi Game generasi lima inilah muncul konsol game yang
bernama playstation yang diluncurkan oleh Sony. Generasi ini juga bisa disebut
dengan era konsol 32 bit.
Konsol berbasis CD keluaran Sony menuai sukses untuk keluaran
pertamanya yang kemudian menjadi konsol terlaris sepanjang masa. Karena merasa
tersaingi, Nintendo meluncurkan Nintendo 64 dan SEGA merilis .
· Teknologi Game Generasi Keenam (2000-Sekarang)
Teknologi Game generasi enam ini masih dikuasai oleh Sony. Pada
tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis
DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah
satu-satunya saingan Playstation.
Meskipun tampilan Xbox sangat tajam dan berkualitas, tapi
ternyata game Xbox tidak bisa mengalahkan populernya Playstation 2. Sampai saat
ini sony sudah meluncurkan Playstation versi 3, dan disusul versi ke 4.
BISNIS DALAM GAME KOMPUTER
Di zaman modern ini, tidak dipungkiri lagi bahwa game sangat
berperan untuk sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna komputer.
Game merupakan sarana hiburan di tengah padatnya aktvitas yang dilalui. Namun,
game ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Dengan hobi
para gamer ini, tentu terdapat peluang untuk mendapatkan profit.
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan
berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati
game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan
solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat
didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis
karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang.
Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya,
karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung
internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik
dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan
warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang
dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat,
perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat
gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Game/permainan adalah sesuatu yang sangat digemari oleh
anak-anak hingga orang dewasa. Game berarti “hiburan”. Permainan game juga
merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual
playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan
aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan
intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu
menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Saat ini perkembangan games di komputer sangat cepat. Para
pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata
dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di
komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk
mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan
kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.
Industri game memang masih terbilang baru di Indonesia. Kendati
begitu, perkembangannya sudah sangat pesat dan menjadi bisnis yang sangat
menggiurkan. Penyebab utamanya adalah berkembangnya era teknologi dan
komunikasi.
Perkembangan ini terlihat dari banyaknya game center yang terus
bermunculan, terutama yang menyediakan jasa gameonline. Bukan tanpa alasan game
online menjadi semakin marak dan digandrungi, karena fasilitas online
memungkinkan sebuah game dapat dimainkan oleh 100 orang lebih secara
bersama-sama dalam satu waktu.
“Bisnis game online di dalam negeri masih besar, disebabkan
ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun. Besarnya potensi
pasar tersebut memberikan dukungan kepada Megaxus untuk tetap eksis,” kata Eva
Mulawati, Managing Director PT. Megaxus Infotech dalam peluncurangame ‘Heroes
of Atarsia’ di Senayan City, Jakarta.
“(Bahkan) jumlah pemain game online Indonesia meningkat antara
5% hingga 10% setiap tahunnya, terutama karena semakin pesatnya infrastruktur
internet,” tambahnya.
Masuknya game online ke Indonesia sendiri baru terjadi pada
tahun 2001 dengan masuknya Nexia Online. Sejak saat itu, berbagai game dari
masing-masing genre seperti action, sports, hingga RPG (Role-Playing Game)
terus bermunculan.
3D ENGINE DAN SCENE GRAPH
Di
dalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan
representasi data geometri tiga dimensi. Grafik 3D ini tersimpan didalam
komputer untuk keperluan kalkulasi atau rendering gambar 3D. Pada 3D, engine
bukanlah exutable program, artinya engine tidak bisa dijalankan sebagai program
yang berdiri sendiri.
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan
dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti
biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk
2D/3D grafis.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan
Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D
merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph
merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D
didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi
grafik 3D.
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene
graph merupakan grafik yang mempresentasikan geometri, material, dan
pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan
mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya.
Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk
menghasilkan objek 3D, yaitu:
Menciptakan objek Canvas3D
Menciptakan sebuah scene graph
Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk
root dari scene graph
• Ogre 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat
dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering
pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar
mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan
utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan
sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar
interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.
OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur
OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan
lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game
development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.
Walaupun penjelasan diatas bisa dikatakan sebagai kelemahan dari
OGRE itu sendiri, akan tetapi semua itu sebanding dengan kemampuan grafis yang
ada pada game engine tersebut. Kelebihan yang paling menonjol pada OGRE adalah
graphics engine yang bisa memberikan para developer sebuah kebebasan untuk
menggunakan physics apapun, input, audio, & library lainnya. OGRE
memberikan para tim development untuk fokus pada graphics daripada beberapa
sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE dapat mendupport OIS, SDL,
CEGUI libraries. Sekarang ini OGRE adalah publish dibawah dua lisensi, yaitu
LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish tersebut membuka OGRE sebagai
free/open source software.
Fitur-fitur pada OGRE:
1. Desain yang object-oriented dengan menggunakan
plugin untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya
2. Engine berbasis scane graph dengan bantuan
untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & paging landscape scene
manager
3. Multi-platform dengan dukungan OpenGL &
Direct 3D. Bisa me-render konten yang sama di beda platform tanpa harus
mempunyai content creator. dapat diakses pada platform Linux, Mac OS, dan semua
versi Windows
4. OGRE mendukung program vertex dan fragment
selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler
5. The landscape scene manager untuk progressive
LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis dan manual
6. Engine annimasi yang men-support penuh untuk
multiple hardware
• Processing
Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source
yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing
digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa
dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi
profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan
pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry
dan casey reas. Berkembang dari ideide yang dieksplorasi di Aesthetics and
Computation Group (ACG) di Mit Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan
dikelola oleh sejumlah Tim Voluntir.
• Game Maker
Game
Maker adalah software yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer
tanpa menggunakan coding sedikitpun. Dapat digunakan untuk membuat 3 dimensi
dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh dari software (game)
yang anda buat termasuk dapat menjual gaAme tersebut, bahkan bisa mendownload
musik, efek suara, gambar, script, serta background.
• Unity 3D
Unity
3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa
membuat game 3D yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan
GUI yang memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan
sebuah game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan
untuk membangun game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad,
Iphone, dan Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri.
Unity kurang lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan
dan diintegrasi lebih dalam suasana grafik.
Kelebihan Unity terdapat pada multiple platform, artinya
banyak platform yang disupport oleh unity, seperti Windows, Mac, iPhone, iPad,
Android, Nintendo Wii, dan juga browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah
plug-in, yaitu Unity Web player, sama halnya dengan Flash Player pada browser.
Pada unity, kita tidak bisa melakukan desain/modelling dikarenakan unity bukan
tool untuk mendesain. Jadi jika kita ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain
seperti 3Dsmax atau Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar